Senin, 15 Juni 2015

Penyebab Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan suatu kondisi terbentuknya material keras yang menyerupai batu di dalam ginjal. Material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang dipisahkan ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu.

batu ginjal

Batu ginjal terbentuk dari mineral dan asam garam. Batu ginjal dapat disebabkan oleh berbagai hal. Pada skenario yang umum, batu ginjal terbentuk ketika urin berkonsentrasi, mineral mengkristal dan menggumpal.
Sakit batu ginjal biasanya dimulai pada sisi tubuh atau punggung, di bawah pinggul serta bergerak ke perut bagian bawah dan pangkal paha. Rasa nyeri berubah seiring dengan pergerakan batu ginjal pada saluran urin. Ada baiknya kita mengenal lebih jauh penyebab batu ginjal.

Berikut adalah beberapa penyebab batu ginjal:
  • Dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) sehingga mudah terjadi pengentalan urine yang mengendap menjadi batu.
  • Ketidakseimbangan metabolisme tubuh yang menyebabkan garam-garam dalam urine mengendap membentuk kristal.
  • Kelebihan konsumsi vitamin D dan kalsium.
  • Tingginya tingkat konsumsi makanan berkadar protein tinggi berasal dari protein hewani, karbohidrat, makanan berkalsium tinggi, berserat rendah.
  • Terpapar suhu panas seperti ruangan dengan suhu panas tinggi misalnya pada ruangan juru masak/dapur, mekanik bengkel, dan sebagainya.
  • Kerusakan metabolisme.
Demikian lah beberapa penyebab batu ginjal yang harus Anda ketahui demi keberlangsungan pola hidup sehat Anda yang terbebas dari penyakit tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar